Rabu, 30 November 2011

Telematika Dan Harapan (di bidang Ekonomi)

    Telematika untuk perekonomian masyarakat Indonesia adalah peluang dalam mempromosikan barang produksi maupun jasa pariwisata.

    Dalam bidang produksi baik dibidang tekstil, gerabah, furniture, dan aneka kerajinan tangan baik yang modern maupun yang tradisional, Indonesia sudah tidak diragukan lagi masalah kualitas. namun selain dana , masalah terbesar selain dana adalah pemasaran. Dengan semakin berkembangnya teknologi Telematika khususnya dibidang Internet memudahkan para pengusaha dalam memasarkan barang dagangannya. Permasalahannya Tidak semua pengusaha di indonesia mengetahui atau menguasai dan menggunakan teknologi internet. Jadi menurut saya Rakyat indonesia khususnya pemerintah melakukan pembinaa secara menyeluruh bagi masyarakat khususnya para pengusaha dan pengrajin lokal dalam menggunakan fasilitas internet sebagai wadah mereka dalam memasarkan barang dagangannya.

    Selain barang, Indonesia pun kaya potensi akan jasa pariwisata alam yang indah dan beraneka ragam. Namun sedih rasanya ketika saya menonton acara berita di televisi yang mewawancarai warga Amerika Serikat yang lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia. Hakl ini membuktikan kurangnya pemasaran tempat wisata selain Bali. Hal ini bukan hannya tugas pemerintah tapi juga tugas dan peluang bisnis bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan terkenalnya objek wisata Indonesia Melalui Internet kita dapat meraih keuntungan dari segi travel, akomodasi(hotel, resort, transport, kuliner) dan bahkan kita dapat meraih untung dari hasil penjualan cinderamata.

     Maka dari itu Telematika pada perekonomian di Indonesia dapat diterapkan agar kita dapat ikut serta membangun perekonomian Indonesia.

Tidak ada komentar: